Tips Memilih Tripod Kamera

Posted on

Tripod kamera merupakan salah satu aksesoris pelengkap dalam bidang fotografi dan videografi. Tripod memiliki peran yang sangat penting untuk menstabilkan kesimbangan dari sebuah kamera dalam proses pengambilan gambar dan video.

Saat ini sudah banyak sekali jenis dan bentuk tripod yang dijual baik secara online maupun offline. Perbedaan jenis tripod bisa dilihat dari beberapa komponen seperti bobot kamera, bahan, dan daya topang beban tripod tersebut.

Tips Memilih Tripod Kamera yang Tepat

Memilih tripod nyatanya tidak bisa asal dan sembarangan khususnya bagi Anda pekerja profesional. Pemilihan tripod  harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang sedang Anda lakukan. Sebelum membeli tripod, Anda baiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Beban Tripod

Langkah pertama sebelum Anda memutuskan membeli tripod adalah mengetahui berat kamera dan lensa yang Anda miliki. Hal ini berhubungan dengan batas maksimal tripod menopang beban kamera.

Idealnya tripod yang dipilih akan mampu menopang beban dua kali lipat dari berat hp maupin kamera Anda. Jika hal ini Anda abaikan, malah akan berakibat fatal. Misalnya tripod akan patah dan membuat kamera Anda jatuh karena tidak kuat menopang kamera.

  1. Kaki Tripod

Jumlah kaki tripod  cukup bervariasi jumlahnya. Tripod ada yang berjumlah 2 sampai 8 kaki karena menyesuaikan dengan ketinggian maksimumnya. Hal tersebut justru berpengaruh pada keseimbangan tripod tersebut.

Hal yang tidak kalah penting dan perlu Anda perhatikan dari kaki tripod adalah material ujung kaki. Pilihlah jenis material aluminium dan karbon karena memiliki ketahanan yang baik dan cukup safety.

Jika Anda banyak menggunakan tripod untuk merekam aktivitas olahraga, presentasi, atau liburan maka bisa memilih material aluminium. Sedangkan bagi Anda yang traveling seperti mendaki gunung, material aluminium justru lebih berat ketika dibawa.

  1. Kepala Tripod

Bagian kepala tripod memiliki peran yang vital dalam proses pengambilan gambar dan video. Kepala tripod berperan untuk mengamankan dan mengaitkan kamera. Selain itu juga mengatur gerakan kamera agar titik bidikan sesuai dengan objek.

BERITA LAINNYA  Situs Editor Video Online dengan Fitur yang Menjanjikan!

Ada banyak jenis kepala tripod  yang disesuaikan dengan penggunaannya. Jenis kepala tripod antara lain 3 way head, ball head, gear head, fluid head, dan gimbal head.

Anda perlu memahami berbagai jenis kepala tripod ini untuk bisa menentukan jenis mana yang tepat untuk keperluan Anda. Setiap jenis kepala tripod tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Pilihlah jenis kepala tripod yang tepat dan cocok untuk menunjang aktivitas Anda. Sehingga hasil foto atau video Anda juga berkualitas.

  1. Tinggi Tripod

Memilih tripod  yang tepat artinya memilih tripod yang ketinggiannya juga disesuikan dengan tinggi badan pemakainya. Memilih tripod dengan ketinggian yang tepat akan membuat jendela bidikan sesuai dengan tingkat mata Anda.

  1. Berat Tripod

Tripod  yang terlalu berat juga membuat pemiliknya tidak nyaman. Terlebih jika Anda adalah orang yang hobi travelling naik turun gunung. Tripod yang terbuat dari bahan serat karbon memiliki berat yang lebih ringan daripada bahan aluminium.

Selain ringan, bahan serat karbon juga lebih tahan lama karena tidak mudah berkarat. Dari segi kekuatannya pun bahan serat karbon lebih stabil.

Jika Anda membeli tripod kamera secara offline, maka disarankan untuk mencobanya secara langsung. Tujuannya agar Anda bisa memahami setiap detail komponen, kelebihan hingga kekurangannya. Namun jika Anda membeli secara online, maka telitilah membaca setiap detail deskripsi yang ditulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.