Trik Jitu Melindungi Privasi Di HP Agar Tetap Aman

Posted on

Seiring dengan perkembangan handphone yang melaju pesat, akhirnya tidak lagi sebagai alat komunikasi saja. Melainkan juga tempat untuk menyimpan berbagai informasi penting dan sensitif dari pemilik handphone. Sehingga diperlukan trik jitu untuk melindungi privasi yang ada pada handphone tersebut.

Karena data-data penting tersebut merupakan salah satu rahasia yang berbahaya jika disalahgunakan. Contohnya saat handphone hilang akibat terjatuh atau dicuri orang. Atau saat mendadak teman meminjam dan malah iseng membuka-buka isi file yang ada didalamnya.

Trik Jitu Melindungi privasi di HP Agar Tetap Aman

Trik untuk melindungi privasi di handphone ini memang sangat penting agar terhindar dari teman yang kepo. Sebenarnya caranya sangat mudah, karena ada beberapa cara yang dapat digunakan dengan baik. Contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi Privasi Dengan Kunci Aplikasi

Anda dapat memanfaatkan kunci aplikasi untuk melindungi hanphone agar tidak dapat dibuka orang lain dengan mudah. Kuncilah berbagai macam aplikasi yang rawan untuk diretas sehingga tidak mudah bagi orang lain untuk mendapatkan aksesnya.

Beberapa akses aplikasi yang rawan ini salah satu contohnya adalah akun media sosial, e commerce, galery dan lain sebagainya. Hampir semua smartphone mempunyai fitur untuk menjaga privasi ini, namun kalau tidak anda dapat mengunduh aplikasi serupa dari Google Play Store.

  1. Buat Password Yang Rumit

Jangan lupa saat membuat kata kunci yang tidak mudah ditebak namun juga tidak susah diingat. Bikinlah kombinasi yang yang unik dan tidak biasa digunakan, jangan memakai tanggal lahir, tahun lahir, nomor rumah dan sebagainya. Karena angka-angka tersebut sangat mudah ditebak oleh peretas.

Karena password juga merupakan salah satu trik jitu untuk melindungi privasi pada data di handphone. Anda juga harus berhati-hati saat saat mengisi password pada keyboard virtual. Karena ada beberapa yang menyimpan password yang ditulis oleh pengguna, sehingga pastikan fitur penyimpanan kata tidak aktif saat mengisi password.

  1. Gunakan Fitur Anti Peeping Notifications.

Seringkali saat HP sedang dipinjam oleh orang lain kemudian muncul notifikasi pesan yang isinya penting. Yang memicu teman menjadi penasaran dan ingin melihatnya, padahal pesan tersebut tak hanya penting namun juga bersifat pribadi.

BERITA LAINNYA  Cara Mengatasi Layar HP Error

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan memanfaatkan fitur anti peeping notifications atau fitur anti pengintipan notifikasi. Yang tentunya dapat digunakan untuk melindungi privasi handphone yang sedang dipinjam tersebut. Fitur kekinian yang keren dan belum semua perangkat menyediakannya.

Dengan fitur ini maka notifikasi penting akan otomatis lenyap dari layar ketika ada orang yang mengintipnya. Ketika fitur ini anti peeping for notifications diaktifkan, biasanya akan meminta pengguna untuk memindai wajah atau Face Unlock untuk membuka kunci layar.

  1. Gunakan Aplikasi Chatting Terenkripsi.

Kadang-kadang ada teman yang suka iseng dengan mengintip isi chatting dengan alasan pinjam handphone.  Anda dapat melindungi setiap privasi dengan menggunakan aplikasi chating yang terenskripsi sehingga lebih aman dan sulit untuk diretas.

Sekarang banyak sekali aplikasi yang menerapkan keamanan tinggi terhadap percakapan yang dilakukan oleh pengguna. Sehingga Anda dapat memilih sendiri mana yang paling sesuai dengan fitur keamanan yang paling diinginkan. Selain itu juga disesuaikan dengan memori perangkat agar tidak membebani kinerjanya.

4 cara diatas merupakan trik jitu yang dapat Anda pilih untuk melindungi privasi data pada handphone dari orang-orang iseng. Sehingga rahasia Anda terjaga dengan baik meskipun mendadak Anda kehilangan handphone yang digunakan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.