Kenali 7 Tipe Kabel USB Agar Tidak Salah dalam Penggunaannya

Posted on

Semakin banyaknya perangkat elektronik, maka semakin bervariasi pula perangkat pendukungnya. Jika Anda amati lebih detail, bahwa tipe kabel USB ternyata memiliki banyak bentuk dengan fungsi yang berbeda-beda.

Kabel USB ini biasanya digunakan untuk berbagai elektronik seperti laptop, smartphone, kamera digital, printer, mesin scanner, dan sebagainya. Agar tidak salah dalam penggunaanya, Anda perlu memahami beberapa bentuk kabel USB.

Inilah 7 Tipe Kabel USB Agar Tidak Salah dalam Penggunaannya

Kabel USB yang umum digunakan adalah kabel type C karena hampir semua tipe smartphone menggunakan ini. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada 7 tipe USB yang ada. Berikut penjabarannya di bawah ini.

  1. Tipe kabel USB Type A

USB type A ini menjadi salah satu tipe kabel standar yang banyak digunakan di perangkat elektronik seperti keyboard dan mouse. USB type A ini memiliki 2 jenis port yang disebut male dan female.

Untuk membedakannya, jika female adalah slot yang dimasukkan batangan. Sedangkan male adalah slot batangan yang akan memasuki slot female. Contoh model USB ini biasanya dipakai pada penyimpanan eksternal seperti flasdisk.

  1. USB Type B

type B jarang kita temui dalam penggunaan sehari-hari. Jika dilihat dari bentuknya, kabel ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari type A. USB type B memiliki ukuran yang simetris dengan bentuk kotak persegi.

Fungsi kabel ini biasanya Anda temukan sebagai penghubung antara PC dengan mesin printer atau scanner. Jenis kabel ini memang jarang digunakan karena tidak bisa digunakan untuk alat elektronik lainnya.

  1. USB Tipe C

USB type C menjadi kabel yang familiar digunakan dan banyak ditemui. Tipe kabel ini biasanya Anda digunakan untuk mengecas smartphone dengan kemampuan pengisian daya baterai yang cepat.

BERITA LAINNYA  3 Rekomendasi Hp Vivo Terbaru Bagi Anak Muda

Tidak hanya digunakan untuk mengecas saja, tipeĀ ini juga digunakan untuk transfer data dari PC ke HP atau sebaliknya. Fitur fash charging dan multifungsi untuk berbagai perangkat ini menjadi USB tipe C ini sangat laris di pasaran.

  1. Lightning Cable

Jenis kabel ini mungkin bagi sebagian orang tidaklah asing. Lightning cable adalah tipe kabel USB eksklusif untuk produk rilisan Apple. Selain digunakan untuk pengisian daya baterai, jenis USB ini juga digunakan untuk mentransfer data.

  1. Mini USB

Jika dilihat dari ukurannya, mini USB ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari USB type A dan B. Secara penggunaan juga tergolong jarang digunakan karena memiliki kecepatan yang kurang baik dibanding dengan USB type lainnya.

  1. Micro USB

Micro USB adalah versi penyempurnaan dari mini USB. TipeĀ ini cukup bersaning dengan USB tipe C karena bisa digunakan untuk beberapa perangkat. Seperti digunakan untuk kamera, power bank, dan sebagainya.

  1. USB Micro B Superspeed

Tipe USB yang satu ini memang jarang digunakan karena keterbatasan perangkat yang menggunakan kabel ini. Biasanya kabel jenis ini digunakan untuk mentransfer data pada perangkat tertentu seperti perangkat televisi dan hard disk eksternal.

Secara ukuran memang bentuknya cukup besar dan cenderung pendek. Kelebihannya terletak pada kemampuannya yang sangat cepat dalam mentransfer data.

Itulah bentuk dan variasi tipe kabel USB yang ada disekitar kita. Tidak semua kabel bisa digunakan untuk semua perangkat dikarenakan bentuk, ukuran, atau fungsinya yang memang tidak mendukung semua perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.