Cara Menghemat Baterai HP yang Sederhana Dilakukan

Posted on

Masalah klasik yang sering terjadi pada ponsel android adalah performa baterai yang menurun. Anda perlu mencoba menerapkan cara menghemat baterai HP jika sangat aktif berinteraksi dengan ponsel.

Baterai smartphone lebih cepat boros sehingga berujung kehabisan daya disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya dikarenakan beragam software dan hardware yang aktif secara bersamaan. Selain itu, baterai boros juga karena aplikasi yang tertanam di smartphone tersebut.

Cara Menghemat Baterai HP yang Sederhana untuk Dilakukan

Saat ini sudah banyak HP android yang memiliki baterai dengan kapasitas besar. Namun Anda tetap harus melakukan beberapa pengaturan cara menghemat baterai HP agar lebih tahan lama.

  1. Cara Menghemat Baterai HP: Batasi Aplikasi yang Aktif

Aplikasi yang ada di smartphone Anda biasanya akan tetap berjalan meskipun sudah tidak digunakan. Anda perlu membatasi aplikasi tersebut agar baterai HP tetap bisa awet.

Cara membatasi aplikasi yang aktif adalah dengan menutup secara keseluruhan aplikasi yang terbuka di layar belakang. Caranya bisa berbeda tergantung merk dan tipe HP Anda.

  1. Atur Kecerahan Layar

Konsumsi baterai yang besar juga dikarenakan pengaturan tingkat kecerahan layar yang tinggi. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan layar ini sesuai dengan kebutuhan dan tempat Anda berada. Jika mengaktifkan ponsel di luar rumah, maka kecerahan layar bisa ditingkatkan.

  1. Matikan Fitur Lokasi (GPS)

Cara menghemat baterai HP dengan langkah sederhana adalah mematikan fitur lokasi atau GPS. Gunakan fitur ini untuk hal-hal tertentu seperti mencari alamat dengan layanan maps, menambahkan lokasi di media sosial, dan kebutuhan lainnya.

Jika tidak terlalu dibutuhkan, maka Anda bisa mematikan fitur lokasi ini. tujuannya tentu saja agar tidak terlalu banyak menyedot daya baterai Anda.

  1. Matikan Fitur Konektivitas Jika Tidak Diperlukan

Terlalu banyak fitur konektivitas juga membuat daya baterai cepat habis. Contoh fitur konektifitas adalah jaringan data seluler, NFC, WiFi, dan sebagainya. Jadi ketika beberapa fitur tersebut tidak diperlukan, maka pemakaiannya bisa dimatikan saja.

  1. Hindari Widget yang Tidak Perlu

Memasang wallpaper animasi atau live wallpaper membuat tampilan ponsel Anda cukup menarik. Tapi tahukah Anda bahwa hal tersebut justru menjadi salah satu faktor yang menyebabkan daya baterai cepat boros.

BERITA LAINNYA  Rekomendasi HP untuk Mahasiswa yang Harganya Murah

Sebagai solusinya Anda bisa menggantinya dengan memasang wallpaper yang statis atau tidak bergerak. Kurangi juga beberapa penggunaan widget yang tidak terlalu penting di homescreen. Bagaimana dengan keadaan ponsel Anda saat ini?

  1. Matikan Notifikasi yang Kurang Penting

Cara menghemat baterai HP agar tetap awet adalah dengan mematikan notifikasi yang kurang penting. Aplikasi yang notifikasinya aktif maka membutuhkan daya baterai untuk mengirim notifikasi ke HP. Notifikasi tersebut bisa berupa kabar atau pesan terbaru.

Anda bisa mengatur fitur notifikasi ini lewat opsi bertajuk ‘App Notification’ di menu ‘Pengaturan’. Hanya aktifkan notifikasi yang sangat Anda perlukan dan penting saja.

  1. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Jenis smartphone sekarang sudah semakin keren dan canggih. Ponsel sudah dilengkapi dengan pengaturan fitur penghemat baterai. Agar daya baterai tetap tahan lama, Anda perlu mengaktifkan fitur penghemat daya ini.

Itulah beberapa cara menghemat baterai HP yang efektif dan sederhana. Langkah tersebut sangat penting diterapkan di smartphone Anda agar pemakaian baterai tetap awet dan tahan lama. Sehingga ketika melakukan aktivitas penting dengan HP, Anda tidak terganggu baterai yang tiba-tiba drop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.