Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Posted on

Apa yang Anda lakukan ketika handphone tiba-tiba jatuh ke dalam kolam, wastafel atau terkena hujan? Jangan panik dan khawatir dulu karena cara mengatasi HP kemasukan air sangat mudah. Bahkan Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke tukang reparasi untuk diperbaiki.

Teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa HP sudah dilengkapi dengan fitur tahan air. Namun Anda tetap perlu melakukan langkah pencegahan untuk memastikan HP tidak rusak. Terutama jika Anda mendapati HP sudah dalam kondisi mati total.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air dengan Langkah Sederhana

Ada beberapa langkah sederhana cara mengatasi yang bisa Anda lakukan. Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Cara Mengatasi HP Kemasukan Air: Langsung Ambil dan Selamatkan

Langkah awal ketika melihat HP yang jatuh atau tenggelam dalam air adalah langsung menyelamatkan HP tersebut. Jangan biarkan HP terlalu lama terendam atau kemasukan banyak air.

Semakin cepat Anda ‘menyelamatkan’ HP maka akan semakin kecil kerusakan yang mungkin terjadi. Semakin sedikit pula kemungkinan air yang masuk di dalamnya.

  1. Segera Matikan HP

Setelah HP berhasil diselamatkan dari dalam air, maka langkah selanjutnya adalah segera mematikan HP. Bahkan jika HP terlihat masih menyala dan terlihat baik, maka tetap matikan saja.

Hal ini bertujuan karena HP memiliki banyak komponen yang rentan rusak. Sehingga jika ada air yang masuk dan masih dalam keadaan menyala, maka rentan terjadi konsleting listrik. Dampak terburuk yang kemungkinan terjadi adalah HP Anda bisa mati total.

  1. Lepaskan Semua Komponen

Cara mengatasi HP kemasukan air selanjutnya adalah melepaskan semua komponen HP. Seperti memory card, sim card, dan baterai HP jika bukan jenis baterai tanam.

Hal tersebut bertujuan agar bisa mempercepat proses pengeringan. Dengan melepas semua komponen dari HP, maka bisa mengeluarkan sisa air yang masih menempel atau sulit keluar.

  1. Goyangkan HP

Menggoyangkan HP untuk menurunkan sisa air memang disarankan. Namun Anda perlu melakukannya dengan lembut dan perlahan. Jika guncangan terlalu keras justru akan memperbesar resiko air masuk semakin dalam ke komponen internal.

  1. Lakukan Proses Pengeringan

Untuk mempercepat proses pengeringan, maka gunakanlah kain yang kering, lap, tisu atau kipas angin. Jangan keringkan HP dengan cara menggunakan bantuan pengering rambut atau hair dryer.

Panas yang dihasilkan dari hair dryer dapat merusak komponen internal dari HP. Jika digunakan secara terus menerus maka bisa memelehkan beberapa bagian HP.

  1. Gunakan Silica Gel

Cara mengatasi  adalah melakukan pengeringan dengan menggunakan silica gel. Silica adalah bungkusan kecil yang sering Anda temukan di dalam kotak sepatu. Silica ini nantinya akan berfungsi untuk menyedot kelembapan air.

BERITA LAINNYA  Daftar HP Xiaomi Terbaru

Anda bisa menggunakan plastik yang berisikan silica gel dan HP. Kemudian simpan plastik tersebut selama 3 hari untuk benar-benar memastikan jika kelembapan telah hilang.

  1. Rendam Hp Dalam Beras

Jika Anda mencoba untuk menggenggam beras, maka lama-kelamaan tangan akan terasa hangat. Efek panas inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menyerap sisa air yang mungkin masih tertinggal di dalam komponen internal HP.

Caranya adalah siapkan sebuah wadah yang sudah ada tumpukan beras. Kemudian rendam HP Anda di dalam beras sekitar 1-2 hari.

Cara mengatasi HP kemasukan air bisa Anda coba lakukan dengan langkah sederhana dan mudah. Jika telah diusahakan beberapa cara diatas namun HP belum normal, maka segera bawa ke tempat service terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.